Tuesday, January 5, 2016

Regulasi dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa



Nama        : ERNY RAHMAWATI
NPM          : 52412546
Kelas         : 4IA12

Rencana bisnis : Pengadaan jasa les privat Microsoft Office

Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembang pesat diseluruh penjuru dunia. Mulai dari kalangan pelajar bahkan sampai ibu rumah tangga sekalipun sudah mengenal yang namanya teknologi, salah satunya yaitu komputer. Komputer sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk mengerjakan tugas sekolah, menonton film, bermain game, dan sebagainya. Karena komputer merupakan perangkat yang efektif dan efisien yang dapat membantu kita untuk bisa mengerjakan hal-hal yang tidak bisa hanya dikerjakan oleh manusia.

Begitu pula bisnis di bidang TIK merupakan bisnis yang sedang berkembang dan digandrungi oleh banyak orang. Karena banyak sekali manfaat dalam bidang bisnis TIK ini, salah satu manfaatnya yaitu dapat memperkenalkan suatu usaha yang sedang dijalankan kepada masyarakat umum. Oleh karenanya saya ingin membuat usaha pengadaan jasa les privat Microsoft Office.

Usaha yang akan saya jalankan ini ditujukan untuk kalangan pelajar mulai dari SMP dan SMA. Seperti yang kita semua ketahui bahwa di jaman sekarang ini pelajar SMP sudah diperkenalkan adanya komputer, dan hal yang paling dasar yang diajarkan di sekolah yaitu Microsoft Office. Tetapi ilmu atau pelajaran yang didapatkan di sekolah akan berbeda dengan sistem yang saya ajarkan.

Sumber Informasi Tentang Penawaran Atau Peluang Proyek TIK


Berkembangnya teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini, membuat para pebisnis harus lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya. Tidak hanya toko fisik yang dimiliki namun juga toko online untuk memasarkan produk-produknya di berbagai wilayah.

Pada saat ini sudah banyak pebisnis yang menjual produknya secara online. Selain untuk mengenalkan produknya ke berbagai wilayah, penjual tidak harus bertemu dengan calon pembeli. Cukup memasarkan produknya di suatu situs tertentu yang menggunakan jaringan internet.


Komentar
Pengadaan barang dan jasa tentunya merupakan bisnis yang selalu terkait dengan kehidupan sehari-hari. Dimana pada era ini kita disuguhkan dengan kecanggihan teknologi yang tiada hentinya berkembang guna mensejahterakan dan meringankan tugas dan pekerjaan manusia.

Awal mula saya berniat membuka usaha ini adalah untuk memajukan wilayah tempat tinggal saya saat ini dengan cara mengajarkan anak-anak agar bisa mengenal dan menggunakan komputer seperti anak-anak yang tinggal didaerah kota besar. Karena tujuan utama saya adalah untuk memajukan wilayah tempat tinggal saya, maka usaha pengadaan jasa les privat ini masih belum tersebar luas diberbagai daerah lain.

Microsoft Office merupakan program aplikasi yang paling mendasar saat kita belajar komputer. Karena aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Office dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membuat surat resmi ataupun Microsoft Excel yang digunakan untuk mengkalkulasi suatu data dalam bentuk tabel.
Usaha pengadaan jasa les privat ini masih termasuk usaha kecil yang belum seperti tempat les privat pada umumnya, tetapi apa yang didapatkan disini tidak jauh berbeda dengan tempat les lain yang mungkin dengan biaya yang mahal.

Karena masih mencakup daerah pedesaan maka biaya yang dikenakan pada tiap murid pun tidak melampaui penghasilan orang tua disekitar wilayah ini. Dengan begitu anak-anak yang berminat untuk belajar komputer dapat dengan mudah mengikuti les di tempat ini dan diharapkan bisa membangun wilayah ini dengan sedikit kemampuan tentang komputer yang sudah diajarkan.



No comments:

Post a Comment